Minggu, 26 April 2020

Hiriko mobil lipat unik yang cerdas dan hemat tempat

Bagi pembawa kendaraan roda empat, mencari tempat parkir sering kali menjadi masalah yang tidak mudah, apalagi saat berada di pusat perbelanjaan dan kawasan perkotaan yang padat.

Nah pada artikel kali ini Ombro akan menginfomasikan sebuah kendaraan konsep berjenis citycar yang cerdas dan sangat hemat tempat saat parkir.

Jika pada artikel sebelumnya kita mengenal CarGo, konsep unik mobil single seater untuk pengiriman dalam kota yang juga mengadopsi inovasi cerdas.

Kali ini kita akan mengenal satu lagi inovasi kendaraan yang terbilang unik dan menarik untuk disimak.

 mencari tempat parkir sering kali menjadi masalah yang tidak mudah Hiriko mobil lipat unik yang cerdas dan hemat tempat

Tersebutlah Hiriko, mobil listrik berukuran mikro yang kemudian dibuat dengan kemampuan melipat diri demi menyesuaikan dengan lahan parkir yang makin terbatas.

Mobil kecil buatan MIT (Massachusetts Institute of Technology) ini hanya memuat dua kursi saja, namun kemampuannya melipat diri menjadikannya bisa menjadi setengah ukuran semula, bahkan tiga mobil Hiriko bisa diparkirkan secara paralel untuk satu mobil ukuran biasa.

Hiriko dapat melipat bagian body luar dari posisi awalnya rebah (horizontal) menjadi posisi berdiri (vertikal). Dengan cara seperti itu, maka jarak antara roda depan dan belakang akan semakin dekat sehingga otomatis membuat panjang mobil Hiriko menjadi hanya setengah ukuran semula.

 mencari tempat parkir sering kali menjadi masalah yang tidak mudah Hiriko mobil lipat unik yang cerdas dan hemat tempat

Selain kemampuannya melipat diri, Hiriko juga dibekali dengan kemampuan canggih bernama "robot-wheels" yang bisa bermanuver dan memungkinkan dirinya berputar hingga 180 derajat pada sumbu aksisnya.

Kalau kemampuannya seperti ini, urusan parkir memarkir pun jadi lebih mudah ya, secara Hiriko dapat berputar tanpa mengambil tempat lainnya agar bisa merubah posisi hadap.

Hiriko menggunakan tenaga baterai, disupply oleh sepaket lithium-ion battery yang mampu menembus jarak sekitar 120 km (75 mil).


Hiriko mobil lipat unik 


Pada setiap rodanya dibenamkan motor penggerak yang otomatis dikontrol secara elektronik dengan kecepatan maksimal 50km/h (31 mph). Selain itu, Hiriko dibekali kemampuan mengenali lokasi dan secara otomatis dan membatasi kecepatannya pada batas yang dilegalkan.

Nah buat sobat Ombro yang penasaran dengan aksi yang bisa dilakukan Hiriko ini, simak video dibawah berikut.