Minggu, 26 April 2020

Pembelajaran 2 Subtema 3 Aku Suka Berpetualang

Mengenal Budaya Indonesia. Indonesia negara yang kaya akan budaya. Ada berbagai macam suku dan agama di Indonesia. Masyarakat memiliki kebiasaan dan budaya yang sangat beragam.

Bertualang untuk mengenal budaya Indonesia merupakan tanda cinta tanah air. Bertualang untuk mengenal keindahan juga merupakan kegiatan menyenangkan.

Keragaman budaya dipengaruhi oleh letak wilayah Indonesia. Indonesia negeri yang sangat luas dan kaya. Indonesia yang luas terdiri atas lautan dan daratan. Indonesia juga memiliki pantai dan pegunungan yang sangat indah. Kebiasaan masyarakat di pegunungan berbeda dengan masyarakat di pesisir pantai.

Meskipun berbeda-beda bangsa Indonesia tetap hidup rukun. Semua bekerja sama menjaga Indonesia. Hal ini sesuai dengan semboyan Indonesia, yaitu Bhinneka Tunggal Ika. Semboyan tersebut terdapat pada lambang negara Garuda Pancasila. Semboyan tersebut tertulis pada pita yang dicengkram burung garuda.

Keberagaman harus disyukuri sebagai rahmat dari Tuhan. Menerima dan menghormati perbedaan termasuk sikap yang disukai Tuhan.

Perhatikan contoh perilaku berikut ini!
 Ada berbagai macam suku dan agama di Indonesia Pembelajaran 2 Subtema 3 Aku Suka Berpetualang
Udin beragama Islam. Edo beragama Kristen Protestan. Udin dan Edo tetap rukun berteman. Udin dan Edo menerima dan menghormati perbedaan.

Siti berasal dari suku Minang. Dayu berasal dari suku Bali. Siti dan Dayu tetap rukun berteman. Siti dan Dayu menerima dan menghormati perbedaan.

Beni dan Lani memiliki pendapat yang berbeda saat berdiskusi. Beni dan lani tetap rukun berteman. Beni dan Lani menerima dan menghormati perbedaan.

Sikap Udin dan kawan-kawan sesuai dengan semboyan negara Indonesia. Semboyan negara Indonesia adalah Bhinneka Tunggal Ika. Bhinneka artinya berbeda-beda. Tunggal artinya satu. Ika artinya juga. Bhinneka Tunggal Ika berarti, meskipun berbeda-beda tetapi satu juga. Meskipun memiliki banyak suku bangsa dan agama, tetapi semua tetap satu, Indonesia.

Ayo Berlatih
Berilah tanda centang (✔) untuk contoh sikap menghormati perbedaan. Berilah tanda silang (X) untuk contoh sikap tidak menghormati perbedaan.
NoSikapTanda
1Bermain dengan semua teman
2Menolak pendapat orang lainX
3Memanggil teman dengan sebutan yang tidak baikX
4Memberi kesempatan teman untuk beribadah
5Tidak memaksa teman yang takut bermain sepeda

Ada banyak contoh pelaksanaan semboyan Bhinneka Tunggal Ika.

Jelaskan salah satu contoh yang pernah kamu temui!

Ayah dan Ibu Siti berasal dari Sumatera Barat. Kampung halaman orang tua Siti berada di daerah pegunungan yang asri. Udara pegunungan sangat sejuk dan pemandangannya indah. Ada sungai, sawah, dan air terjun. Jalan di pegunungan berkelok-kelok dan menanjak.

Pengemudi harus berhati-hati saat melintasi jalan di pegunungan. Apalagi saat hujan turun, jalannya menjadi lebih licin. Rambu lalu lintas dipasang untuk menjaga keamanan pengendara.

Perhatikan rambu-rambu lalu lintas berikut!
 Ada berbagai macam suku dan agama di Indonesia Pembelajaran 2 Subtema 3 Aku Suka Berpetualang
Rambu tersebut dapat ditemukan di jalanan berkelok-kelok. Rambu tersebut juga dapat ditemukan di daerah pengunungan.

Ayo Berlatih
Pasangkan simbol rambu-rambu lalu lintas berikut dengan artinya!
 Ada berbagai macam suku dan agama di Indonesia Pembelajaran 2 Subtema 3 Aku Suka Berpetualang
Menurut kalian, mengapa harus dipasang rambu jalan berkelok?
Rambu jalan berkelok digunakan mendukung kelancaran dan keselamatan pengendara atau pengguna jalan. 

Indonesia memiliki berbagai macam jenis permainan tradisional. Keanekaragaman permainan tradisional menambah kekayaan Indonesia. Salah satu permainan tradisional di Indonesia adalah galasin. Permainan ini banyak dimainkan di berbagai daerah. Setiap daerah memiliki nama yang berbeda untuk permainan Galasin. Ada yang menyebut galasin. Ada pula yang menyebut gobak sodor dan gobag.

Ayo Mencoba
Cobalah bermain galasin bersama temantemanmu! Cobalah berlatih melewati penjaga sampai
berhasil! Ikuti petunjuk berikut ini!
  1. Buatlah garis-garis penjagaan menggunakan kapur tulis. Garis membentuk lapangan segi empat. Lapangan tersebut dibagi menjadi 6 bagian.
  2. Buatlah garis di tengah lapangan. Garis ini sebagai tempat atau jalan kapten (sodor).
  3. Buatlah dua tim. Masing-masing tim terdiri atas 3 sampai 5 pemain. 4. Satu tim akan menjadi tim “jaga” dan tim lainnya akan menjadi tim “lawan”. Penentuan tim dapat dilakukan dengan pengundian.
  4. Anggota tim yang mendapat giliran “jaga” akan menjaga lapangan. Tempat yang dijaga adalah garis horisontal. Kapten tim akan menjaga garis batas vertikal.
  5. Penjaga garis horisontal berusaha untuk menghalangi lawan. Penjaga garis horisontal dapat bergerak ke kanan dan ke kiri.
  6. Tugas penjaga garis vertikal bertugas menjaga keseluruhan garis batas vertikal. Garis vertikal merupakan garis yang terletak di tengah lapangan. penjaga garis vertikal bergerak dari depan ke belakang atau sebalikya 
  7. Tim pemain harus berusaha melewati seluruh garis batas horisontal. Dari batas horisontal paling depan hingga baris paling belakang. Mereka juga harus kembali ke tempat semula. Mereka harus dapat melewati penjaga tanpa tersentuh.
 Ada berbagai macam suku dan agama di Indonesia Pembelajaran 2 Subtema 3 Aku Suka Berpetualang
Permainan ini sangat mengasyikkan untuk dimainkan. Perlu kelincahan agar dapat melewati para penjaga. Untuk memenangkan permainan ini sangatlah sulit. Perlu kerja sama yang baik antarpemain. Kerja sama yang baik akan membantu keberhasilan dalam memenangkan permainan. Saling memberi pendapat dalam permainan merupakan bagian dari kerja sama. Saling menghargai dalam permainan juga bagian dari kerja sama

Menerima dan menghargai berbagai sifat teman merupakan sikap menerima perbedaan. Sikap tersebut sudah sesuai dengan semboyan negara Indonesia, yaitu Bhinneka Tunggal Ika.